UNIBA Gelar PKKMB untuk Mahasiswa Baru 2024 UNIBA Gelar PKKMB untuk Mahasiswa Baru 2024

UNIBA Gelar PKKMB untuk Mahasiswa Baru 2024


Etahnews.id | BATAM
: Universitas Batam (UNIBA) kembali menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2024 yang resmi, dibuka oleh Rektor Universitas Batam Prof. Dr. Ir.Samsul Rizal, M.Eng, ASEAN, Eng, di Gedung Graha Bintang Uniba Batam, Rabu (25/9).

Samsul Rizal menyampaikan pesan penting kepada seluruh mahasiswa baru yang akan memulai masa perkenalan kehidupan kampus. Ia mengingatkan para mahasiswa untuk selalu rajin memperhatikan pengumuman dan informasi resmi, baik yang dikeluarkan oleh Unit Pengembangan Pendidikan (Unpid) UNIBA maupun Unpid Program Studi.

"Mahasiswa baru diharapkan tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu atau berita hoaks yang sering beredar. Dalam perkenalan kampus ini, kami menegaskan bahwa tidak ada kegiatan perploncoan. Acara berlangsung dengan nyaman dan terstruktur. Mahasiswa diminta mengenakan pakaian hitam putih sebagai seragam selama masa perkenalan kampus agar lebih mudah dikenali," katanya.

Ia juga menyebutkan selama tiga hari PPKMB, kampus UNIBA mengundang beberapa tokoh penting, seperti Gubernur Kepri, Walikota Batam, Kapolda, dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati). Kapolda dijadwalkan memberikan materi mengenai bahaya narkoba, sementara Kajati akan berbicara seputar hukum. Gubernur akan memaparkan perkembangan pembangunan di Kepulauan Riau, dan Walikota Batam akan memberikan pandangan mengenai kemajuan kota Batam.

"Acara perkenalan kampus ini berlangsung selama tiga hari. Kita mengundang, Gubenur, Walikota Batam, Kapolda hingga Kejati," jelas Samsul.

Rektor juga menambahkan bahwa mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Batam untuk program Sarjana (S1) dapat menyelesaikan studinya dalam waktu 3,5 tahun, dan siap bekerja sesuai dengan bidang yang dipelajari.

"Kami berharap perkenalan ini dapat membantu mahasiswa baru memahami lebih dalam tentang kehidupan kampus. Dan mempersiapkan mereka untuk masa depan akademis yang sukses," harapnya.

Ketua Panitia PKKMB Universitas Batam, Muhammad Rainbow Perdana, mengungkapkan bahwa tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


 "Tahun ini, ada sekitar 700 mahasiswa baru yang masuk UNIBA. Sementara yang mengikuti kegiatan ini hanya dari jenjang S1 saja, dengan jumlah sekitar 550 mahasiswa," sebutnya. .

Dalam PKKMB, mahasiswa baru dikenalkan dengan berbagai aspek kehidupan kampus. Mereka diberikan pemahaman tentang struktur organisasi kampus, mulai dari Rektor hingga Ketua Program Studi (Kaprodi). Selain itu, mahasiswa juga diajarkan cara pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang menjadi bagian penting dari perkuliahan di jenjang pendidikan tinggi.

“Kegiatan ini menjadi pintu masuk bagi mahasiswa baru untuk mengenal dunia perkuliahan. Mereka juga diperkenalkan dengan berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di UNIBA,” tambah Muhammad Rainbow.

PKKMB UNIBA juga menghadirkan narasumber dari berbagai tokoh penting di Batam, seperti Gubernur, Kapolda, Kajati, Walikota, serta Ketua Ikatan Alumni (IKA) UNIBA, yang kebetulan menjabat sebagai Ketua DPRD Batam periode 2019-2024, Nuryanto.

Mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB ini berasal dari berbagai program studi, dengan Fakultas Kedokteran menjadi yang paling banyak diminati. Tahun ini, Fakultas Kedokteran menerima 107 mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

“Kami selalu menerima mahasiswa dari berbagai daerah, bahkan dari wilayah-wilayah terpencil seperti Kabupaten Pegunungan di Papua. Ini menunjukkan keberagaman mahasiswa di UNIBA yang semakin luas," pungkasnya.(DN)
Lebih baru Lebih lama