Pentingnya Keseragaman dan Efisiensi Waktu dalam Pelaksanaan Pesta adat, Komunitas Bangso Batak Marsada (BBM) Kota Batam  Menggelar Seminar Adat. Pentingnya Keseragaman dan Efisiensi Waktu dalam Pelaksanaan Pesta adat, Komunitas Bangso Batak Marsada (BBM) Kota Batam  Menggelar Seminar Adat.

Pentingnya Keseragaman dan Efisiensi Waktu dalam Pelaksanaan Pesta adat, Komunitas Bangso Batak Marsada (BBM) Kota Batam  Menggelar Seminar Adat.


Etahnews. id | BATAM
– Komunitas Bangso Batak Marsada (BBM) Kota Batam mengadakan seminar adat Batak bertajuk "Pendalaman Makna, Pengupayaan Keseragaman dan Efisiensi Waktu di Pesta Unjuk (Pernikahan) dan Ulaon Namonding (Meninggal Dunia)".

Kegiatan ini pun terlihat dihadiri oleh sejumlah tokoh dan praktisi budaya dan pengurus kumpulan marga marga Batak yang ada di Kota Batam. Seminar Adat yang di Prakarsai oleh Komunitas BBM ini Bertempat di Sopo Godang HKBP Lubuk Baja. Minggu (22/09/2024).


Ketua Panitia Seminar Adat Komunitas Bangso Batak Marsada (BBM) Kota Batam St. Bommen Hutagalung, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Seluruh Pengurus BBM terkhusus ketua Umum Komunitas BBM Kota Batam, Ir. Ediaman Sinaga untuk mensukseskan pelaksanaan acara ini.

"Seminar ini bertujuan untuk menggali lebih dalam makna dari tradisi Batak, serta membahas pentingnya keseragaman dan efisiensi waktu dalam pelaksanaan pesta adat Batak" jelas Bommen.


Acara ini menghadirkan narasumber terkemuka dari Medan, yaitu Prof. Dr. Albiner Siagian, Rektor IAKN Tarutung, dan Manguji Nababan, MA, Kepala Pusat Dokumentasi Kebudayaan Batak Universitas HKBP Nommensen. Kedua narasumber memberikan wawasan yang mendalam tentang pelaksanaan adat Batak, serta tantangan yang dihadapi dalam menjaga tradisi di era modern.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam melestarikan budaya Batak, serta memperkuat solidaritas antar anggota komunitas di Batam.


Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat lebih memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai budaya Batak dalam kehidupan sehari-hari (Mat)
Lebih baru Lebih lama