Lestarikan Budaya, Disbudpar Batam Kenakan Busana Daerah dibulan Kemerdekan Lestarikan Budaya, Disbudpar Batam Kenakan Busana Daerah dibulan Kemerdekan

Lestarikan Budaya, Disbudpar Batam Kenakan Busana Daerah dibulan Kemerdekan


Etahnews.id | BATAM -
Berbeda dari hari biasanya, sejak Kamis pagi (22/08/2024) seluruh pegawai di lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam terlihat mengenakan ragam pakaian adat khas daerah hampir dari seluruh provinsi di Indonesia. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar), Ardiwinata terlihat mengenakan salah satu pakaian adat Bugis, Sekretaris Disbudpar, Koestrini mengenakan pakaian adat Sunda dan para kepala bidang ada yang mengenakan pakaian adat dari Melayu, Aceh dan Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Selanjutnya staf di lingkungan Disbudpar tampak semarak dengan warna-warni ragam pakaian tradisional yang mereka kenakan. Ada yang memakai pakaian adat dari Nias, Batak Toba, Batak Simalungun, Sumatera Barat, Betawi, Jawa, Makassar, Sulawesi Utara, Dayak, Papua dan lainnya. Seluruh ruangan pun terlihat semarak dengan hiasan pernak-pernik merah putih.

Ardi, sapaan akrab Kadisbudpar ini menyampaikan kegiatan pada hari ini sebagai salah satu cara dalam memaknai hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 79 tingkat Kota Batam.

“Ini menunjukkan rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa mulai dari Sabang sampai Merauke. Disamping itu kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya kita untuk melestarikan budaya yang unik dan beragam, sebutnya.”

Dijelaskan Ardi, untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan, pada hari Rabu (21/08/2024) pihaknya sebelumnya juga telah menggelar berbagai lomba yang dilaksanakan di lantai tiga gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam. Ada lomba estafet sarung, rebutan kursi, tebak kata, pesan berantai, rolling kardus, memasukkan pipet kedalam botol, estafet karet dan lomba mencari sepatu. Lomba-lomba ini diikuti mulai dari Kadis, Sekdis, Kabid serta seluruh staf di lingkungan Disbudpar.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan suasana kebersamaan dan menambah rasa kekompakan khususnya dilingkungan Disbudpar dengan harapan dapat menjadi motivasi bagi seluruh pegawai agar kedepannya bisa bekerja lebih srmangat dan lebih baik lagi,” pungkasnya.(DN).
Lebih baru Lebih lama